Sanksi Pidana Menanti!!!Pelaku Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga??!!

Perselingkuhan tidak selamanya indah!!!

Pengertian perselingkuhan tidak kami temukan apa definisi pasti dari selingkuh itu apa ? tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesaia (KBBI), selingkuh mempunyai arti ialah  istilah yang umum digunakan terkait perbuatan atau aktivitas yang tidak jujur dan menyeleweng terhadap pasangannya, baik pacar, suami, atau istri. Istilah ini umumnya digunakan sebagai sesuatu yang melanggar kesepakatan atas kesetiaan hubungan seseorang. Sedangkan menyeleweng mempunyai arti menyimpang dari jalan yang benar (dalam arti menyimpang dari aturan dan maksud tidak menurut, menyalahi aturan, memberontak, berzina ).


Perselingkuhan dalam pernikahan dikategorikan sudah masuk perzinaan dan dalam pasal 284 KUHP perzinahan mempunyai pengertian “persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang telah menikah dengan perempuan atau laki-laki yang bukan istri atau suaminya. Persetubuhan tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka dan tidak merupakan paksaan dari salah satu pihak”


Perselingkuhan dalam pernikahan adalah perzinahan dan perzinahan dalam pernikahan adalah pidana yang diatur dalam kitab Undang hukum pidana (KUHP). lalu apa itu berzinah??menurut R.Soesilo berzina mempunyai arti adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang telah kawin dengan perempuan atau laki-laki yang bukan isteri atau suaminya. dan supaya masuk delik pidana, maka persetubuhan itu harus dilakukan dengan suka sama suka, tidak boleh ada paksaan dari salah satu pihak.


Dalam KUHP secara rinci tidak diatur mengenai istilah perselingkuhan, Namun kita bisa menggunakan istilah didalam KUHP terjemahan Prof. Oemar Seno Adji, S.H., et al yakni istilah mukah (overspel) (dan tidak menutup kemungkinan ada perbedaan terminologi dalam KUHP terjemahan lain) sehingga perselingkuhan yang mengarah perzinahan yang berarti suami istri yang sah menurut Undang-Undang maka terdapat dalam Pasal 284 ayat (1) angka 1 huruf a KUHP yang berbunyi :

Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan seorang pria yang telah kawin yang melakukan gendak (overspel), padahal diketahui bahwa pasal 27 BW berlaku baginya.”



Berikut rumusan dalam pasal 284 KUHP :
  • Seorang laki-laki yang telah menikah melakukan tindakan perzinahan dan berlaku pasal 27 BW.
  • Seorang laki-laki yang telah menikah melakukan tindakan perzinahan dan berlaku pasal 27 BW.
  • Seorang laki laki yang ikut serta melakukan perbuatan perzinahan, padahal diketahuinya bahwa yang bersalah telah menikah.

Seorang wanita tidak menikah yang ikut serta melakukan perbuatan perzinahan padahal diketahui olehnya, bahwa yang turut bersalah telah menikah dan pasal 27 BW berlaku baginya

Adapun unsur-unsur untuk menjerat pasal 284 KUHP ialah :

  • Merusak kesopanan atau kesusilaan (bersetubuh)
  • Salah satu/kedua duanya telah beristri/bersuami.
  • Salah satu berlaku pasal 27 KUHP Perdata.

Jadi apabila orang bisa dikategorikan perzinahan dan bisa diterapkannya pasal 284 harus memenuhi unsur-unsur diatas.




Demikian pemaparan dari kami. Semoga Bermanfaat

@AH

Bagikan manfaatnya.

2 thoughts on “Sanksi Pidana Menanti!!!Pelaku Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga??!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *